Iklan di aplikasi itu virus atau bukan ?

Apakah iklan di aplikasi android bisa disebut virus ?, Dimana banyak pengguna berbagai aplikasi gratis di playstore maupun market-market aplikasi yang belum mengerti apa dan bagaimana sebuah aplikasi tiba-tiba muncul halaman layaknya iklan ‘pop-up’ di layar ponsel. Dunia android akan membahasnya untuk sobat semua.
Munculnya tampilan layaknya iklan Di beberapa aplikasi gratis android kadang menjengkelkan para pengguna. Namun mau bagaimana lagi, namanya juga gratis, mau tidak mau pengguna harus rela di ‘jeda’ dengan tampilan pesan iklan dari pengembang aplikasi tersebut. 
Tahukah anda apa sebenarnya tampilan mirip iklan tersebut namanya ?, Nama iklan munculan ( pop-up) tersebut dikenal dalam dunia internet dengan nama ADWARE. Adware sendiri sebenarnya tidak bisa dijuluki sebagai virus, malware, trojan maupun hal merusak lainnya. Namun Adware juga dapat berfungsi sebagai program Survey terselubung yang hanya pengembang aplikasi yang tahu tujuan dan maksudnya.
Secara garis besar, Adware bisa sangat berguna bagi perusahaan iklan untuk mengetahui aktifitas pengguna ponsel ketika menjalankan aplikasi. Dari situlah pengiklan akan menargetkan iklannya sesuai kebiasaan pengguna android dalam menjalankan setiap aplikasi.
Jadi iklan atau adware di setiap aplikasi android gratisan bukanlah semua bisa dituduh sebagai virus atau malware. walau sebagian adware lainnya bisa berfungsi sebagai jalan masuknya sebuah virus berbahaya tanpa pengguna menyadarinya. Nah, jadi nggak usah terlalu khawatir dengan iklan munculan di aplikasi android sobat. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Leave a Comment