Perbedaan antara Ponsel dan Tablet ?

Apa perbedaan antara Ponsel dan Tablet ?. Mungkin sebagian pengguna ponsel belum mengetahui apa perbedaan antara ponsel dengan smartphone. mungkin terlihat keren bila mempunyai tablet atau mungkin saja merasa kalau tablet itu lebih canggih dari Smartphone berukuran segenggaman tangan pada umumnya. Mari kita cari tahu apa perbedaan antara keduanya di bawah ini.
1. Dari segi ukuran. Ponsel ( smartphone ) yang rata-rata berukuran segenggaman tangan memang lebih kecil. Layar ponsel ini rata-rata sekarang ini yang bantak beredar adalah 4 inch sampai 5,5inch (phablet). Kalau dalam kategori tablet umumnya antara 6,5 sampai 10inch. Itu dari segi ukuran layar. Memang tablet akan lebih memanjakan pengguna karena kelebihan besarnya tampilan. Namun jangan salah, ukuran layar sebesar apapun apabila tidak dibarengi dengan kedalaman tingkat resolusinya percuma saja.

apabila ada ponsel 4 inch namun mempunyai resolusi lebih tinggi misalnya dari resolusi tablet yang berukuran layar 8inch tentu kejernihan dan detail warna tetap akan unggul pada ponsel. Bahkan apabila tablet mempunyai resolusi kecil dan berukuran layar jumbo maka efeknya gambar yang ditampilkan akan pecah-pecah dan tidak sesap dipandang mata. jadi dalam segi ukuran layar kelebihan antara tablet dan ponsel genggam harus dilihat dari resolusi layar.

2. Dari segi hardware. Sama seperti pada ukuran layar, tablet serta ponsel genggam juga bisa dilihat kehebatan dan keunggulannya dari hardware yang tertanam didalamnya seperti processor, RAM, serta komponen lain yang disematkan. Sebesar apapun tablet itu kalau processor dan RAM didalamnya kecil tentu hanya isapan jempol belaka.

3. Dari segi kegunaannya. Kalau masalah yang satu ini tentu banyak pertimbangan mengapa seseorang memilih tablet maupun ponsel. Seseorang yang suka mengetik ( menulis) suatu artikel tentu akan memilih tablet karena kemudahannya dalam menginput data dari keyboard dilayar berukuran besar daripada telepon genggam. begitu pula sebaliknya pengguna yang hanya ingin mobile tanpa ribet dengan masalah ukuran gadget tentu akan lebih suka bentuk mini, selain tidak memakan tempat dikantongpun cukup leluasa dibawa kemana-mana.
4. Dari segi Sistem operasi. Disinipun juga sama, kalau tablet dan pknsel genggam mempunyai versi OS sama tentu akan sama kinerjanya. hanya masalah hardwarenya saja yang membuat ponsel / tablet itu lemot atau cepat kinerjannya.
5. Dari segi daya baterai. Tablet tentu akan dilengkapi baterai dengan kapasitas daya yang lebih besar karena asupannya juga lebih besar untuk menyalakan layar serta komponen pendukungnya. jadi masalah daya bukan menjadi patokan apakah ponsel atau tablet lebih hemat satu sama lain.
Diantara perbedaan ponsel genggam dan tablet diatas semoga membuka wawasan kita tentang dunia smartphone sekarang ini. semoga bermanfaat.

Leave a Comment