Mengenal apa itu CyanogenMod (CM)

Mengenal apa itu CyanogenMod (CM) ?. Kali ini Dunia android akan membahas tentang pengertian Cyanogen Mod, yang mana CM ini menjadi buah bibir dikalangan para developer sistem operasi. CyanogenMod seperti diketahui memang menjadi ‘saingan’ serta kontroversi bagi OS android resmi milik Google. yuk kita cari tahu apa itu CyanogenMod pada ulasan di bawah ini.
CyanogenMod merupakan Operating system yang terbuka (Open source) yang ditujukan untuk smartphone atau tablet yang mempunyai basic android. Dimana CM ini meeupakan project third-party (pihak ketiga) yang bertujuan untuk membuat perubahan significant terhadap kode program android asli milik google. Entah didasari ‘sakit hati’ atau ingin menunjukkan kehebatannya, pendiri CyanogenMod Steve Kondik memvuat gebrakan dengan membuat proyek tandingan milik google. 



CyanogenMod mampu merubah android menurut keinginan mereka. Banyak user yang telah merasakan kelebihan cyanogenMod daripada android resmi milik google. Sekitar 50 juta lebih di seluruh dunia para pengguna android telah menanam Mod di android untuk meningkatkan performa smartphone mereka. pihak google sendiri pada awalnya sebenarnya sudah kecewa dengan adanya ulah tandingan steven kondik tersebut. namun apa mau dikata, karena android sendiri juga merupakan project open source yang siapapun boleh mengutak-atiknya asal tidak mengubah base atau dasar sistem android itu sendiri. 
Tentu pihak Google sendiri tidak memberikan garansi resmi untuk pengguna smaetphone yang telah menanamkan Mod atau melakukan modding di smartphone mereka. Terlepas dari itu semua CyanogenMod sampai saat ini semakin santer terkenal karena beberapa kelebihannya dibanding android milik google. Sampai saat ini CyanogenMod dari mula keluar rilisnya sampai yang terbaru yaitu CyanogenMod 7 – CyanogenMod 12.1 .
Nah sudah tahu kan apa itu arti CyanogenMod android ?, semoga ulasan bab cyanogen diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama. O iya, janga lupa baca-baca dulu artikel terkait di bawah ini ya.

Baca juga : CyanogenMod cara mudah root android

Leave a Comment