Charge HP dari accu hanya pakai IC 7805 ?

Apakah bisa charge ponsel di accu sepeda motor hanya memakai IC 7805 saja ?. jawabannya Tentu bisa. Kalau sebelumnya dunia andeoid membahas tentang cara membuat charge ponsel di sepeda motor yang lengkap dengan skema serta komponennya ada beberapa macam. kali ini saya akan membahas sedikit tentang bisa tidaknya charge ponsel di accu sepeda motor hanya berbekal IC 7805 satu biji. 
Didalam rangkaian elektronika ada fungsi beberapa komponen yang menjalankan tugasnya sesuai peruntukannya. salah satunya adalah IC, Dimana jenis IC penurun tegangan seperti IC 7805 bertugas menurunkan tegangan menjadi output 5 volt. IC jenis 78xx ini menjadi trend di dunia elektronika karena simple dan mudahnya dalam pengaplikasiannya. 
Kembali ke pembahasan semula, jadi untuk membuat charge dari accu sepeda motor sebenarnya hanya membutuhkan satu IC penurun tegangan saja. Jadi bila tidak sempat membeli komponen lainnya maka cukuplah IC7805 sebagai penurun tegangannya. Kalau dalam skema gambarnya bisa dishort seperti gambar di bawah ini.
skema charge aki sepeda motor untuk pONSEL
Namun sekali lagi, Elco atau kondensator yang saya sertakan ke rangkaian lengkapnya berguna sebagai penstabil arus keluar dan arus masuknya. menurut saya memang lebih aman memakai rangkaian lengkap agar ponsel juga tetap aman.

0 thoughts on “Charge HP dari accu hanya pakai IC 7805 ?”

Leave a Comment