Apa itu Sertifikat kredensial di android ?

Apa itu Sertifikat kredensial di android ?. Bagi anda yang sudah menelusuri menu-menu settingan di android tentu akan menemukan menu Penyimpanan kredensial yang didalamnya ada opsi-opsi untuk menampilkan, menginstall dan menghapus sertifikat di sistem android. Namun tahukah anda apa itu fungsi dari sertifikat kredensial di android ?. Simak ulasannya di bawah ini.
Arti sertifikat kredensial

Sebuah sistem operasi android adalah sistem yang didalamnya ada ribuan source code yang berjalan bertautan satu sama lain dengan fungsinya masing-masing. Apabila ada salah satu ada yang gagal bekerja maka sebuah sistem dikatakan malfungsi atau mengandung bug. 

Kembali ke topik semula, Sertifikat kredensial yang ada di menu pengaturan keamanan android mempunyai fungsi salah satunya sebagai berikut :

– Sebagai validasi terhadap kompatibilitas suatu aplikasi yang ditanam di sistem, dimana apabila suatu aplikasi akan diinstall dan siatem android membutuhkan sertifikat dari aplikasi maka sertifikat tersebut wajib diinstall agar aplikasi tersebut bisa berjalan sempurna

– Sebagai validasi keamanan di sistem android itu sendiri. Makanya ada kalanya kita diberitahu oleh sebuah notifikasi untuk segera memperbaharui / update sertifikat yang kadaluarsa ditujukan untuk memperbarui sisi keamanan sebuah sistem.


– Sertifikat kredensial berfungsi menjaga keamanan sistem dari pembobol, Cracker atau penjarah akun sebagai validasi masuk di root sistem android.


– Dengan adanya sertifikat kredensial yang terbaru dan lengkap android menjamin pengguna akan keamanan sistemnya.

– Sertifikat android juga berfungsi untuk pintu masuk ke server utama android serta ke market resmi play store.

Nah, diantara sekian penjelasan mengenai fungsi dan arti sertifikat kredensial di android semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua tentang sistem operasi android.

Baca juga : versi android berdasarkan level API

0 thoughts on “Apa itu Sertifikat kredensial di android ?”

  1. Kalau proses download otomatis seperti pembaruan aplikasi maka cara nonaktifkan dari pengaturan playstore-nya ada.. Coba baca artikel saya : cara nonaktifkan update otomatis aplikasi playstore. Jadi tidak ada masalah dengan kredensialnya

    Reply
  2. Hape saya di lock dengan Pin, terus mau saya ganti dengan tidak ada Pin/seperti semula. Tapi ada bacaan "dinonaktifkan oleh administrator, kebijakan enkripsi atau penyimpanan kredensial" itu knp ya? Thx.

    Reply
  3. Aku juga punya masalah yg sama, udah tanya sana sini katanya kalo klik hapus kredensial baru bisa jadi, tapi akunya takut klik hapus kredensial, takutnya ada apa apa sama sistem .. Ada yg tahu penyelesaian lainnya nggak yah?

    Reply
  4. Handphone saya juga punya masalah yg sama, haoe saya kan di lock dengan mode pola mau diubah ke mode usap jadi ga bisa. Tapi ada bacaan "dinonaktifkan oleh administrator, kebijakan enkripsi atau penyimpanan kredensial" itu knp ya? Makasih

    Reply
  5. cara paling mudah adalah dengan mencari tahu dahulu aplikasi mana yang telah terhapus sertifikat kredensialnya, bila contoh ada aplikasi game yang dibuka kemudian error maka unistall saja aplikasi kemudian unduh dan install kembali, nantinya kredensial akan masuk secara otomatis.

    Reply
  6. Ketika mau menghapus sandi
    Tidnak bisa
    Cuman muncul tulisan
    Jika ingin Mematikan sandI pertamatama anda harus hapus memori kredensial di pengaturan
    Hp oppo neo9
    Gmn caranya

    Reply
  7. Takut mau reset bro
    Soalnya hape baru beli memang gitu tulisannya 'dinonaktifkan oleh administrator, kebijakan enkripsi atau penyimpanan kredensial'
    Ada yg bilang hapus vpn nya, tapi vpn saya kosong
    Hape oppo f1f mas
    Gimana dong?

    Reply
  8. Reset ponsel tidak mempengaruhi garansi terhadap ponsel itu sendiri..beda lagi kalau melakukan flashing firmware maka garansi akan hilang…
    reset hanya mengembalikan settingan ke default bukan mengubah firmware seperti Flashing…

    Reply
  9. Mas penonaktifan kunci layar saya tidak aktif,saya searching katanya kosongkan vpn sdh saya klik tp vpn saya kosong,giman jd mas utk menonaktifkan kunci layar hp oopo neo 7?terima kasih mas

    Reply
  10. Coba lakukan cara ini mbak : masuk ke pengaturan hp oppo-nya dan ganti language atau bahasa yg saat ini dipakai ke inggris atau sebaliknya, lalu restart dan coba masuk ke pengaturan penguncian layar (pengaturan keamanan)… Setelah bisa, silahkan dikembalikan ke bahasa semula.
    Cara diatas biasanya berhasil untuk mengatasi masalah opsi penonaktifan tombol keamanan yg tidak berfungsi.

    Reply
  11. Gan … Saya coba install sertifikat di Xiaomi 2 hasil nya gg bisa .. minta password gg tau password nya apa semua gagal… Tolong bantuannya..

    Reply
  12. Cara mengatasi hp lenovo a859 di plyastore status perangkat "dk bersertifikat' gmn.. soalnya g bisa buka playstore pake data, tp klo pake wifi kok bisa. Pdhl untuk browser, dll dg data jg lancar aja..
    Mohon penjelasan, ato link untuk mengatasi.. ([email protected])
    Trims sblmya.

    Reply
  13. Terus apakah setelah di reset semua data & aplikasi jd hilang semua?
    Sy jg pengen ganti mode usap aja, tp ya gt td masalahnya…
    Mohon penjelasannya…
    Terima kasih…

    Reply
  14. Setelah melakukan reset ponsel tentu data aplikasi serta pembaruan didalamnya akan hilang dan untuk data di memori internal bisa hilang. Namun bila tidak ingin menghapus data di memori internal bisa dihilangkan centang untuk opsi hapus all data di storage-nya..

    Reply

Leave a Comment