Apa arti Kernel di android system ?

Apa arti Kernel di android system ?. kali ini Dunia android akan sedikit mengulas tentang apa itu kernel dan apa hubungannya dengan sistem android itu sendiri. Kalau pengguna android masuk ke setelan sistem di ponsel akan menemui versi berapa kernelnya. letaknya di setelan ‘about’ atau ‘tentang’, disitu terpampang informasi jeroan ponsel android sobat. Kernel di android sekarang ini masih tertera 3 digit angka. Semakin tinggi nilainya berarti semakin tinggi pula kecanggihan sebuah ponsel.
apa arti kernel
Kernel merupakan suatu perangkat lunak, bisa dikatakan layaknya software namun lebih tinggi tingkatannya. Kernel itulah yang menjembatani antara perangkat keras dan sebuah aplikasi. Maka dari itu di sistem android jenis kernelnya dinamakan monolitic kernel.

Maksudnya kernel langsung berfungsi menjembatani perintah-perintah masukan dari hardware ke aplikasi. segala perintah dari aplikasi seperti open, close, shutdown, copy paste dan lain sebagainya diimplementasikan oleh kernel agar dapat dijalankan oleh hardware dan dinamakan multiplexing. Masih bingung mengartikan kernel ? yuk saya jelaskan lebih sederhana lagi..hehe

arti kernel di hp android
Begini, sebuah aplikasi dapat berjalan di sebuah perangkat maka membutuhkan suatu perangkat lunak. contoh, bila anda menyentuh tombol shutdown maka tugas kernel adalah menterjemahkan bahasa aplikasi agar dikenali mesin ponsel untuk melakukan proses shutdown. jadi, sebuah hardware tidak akan bisa melakukan tugas apapun tanpa bantuan kernel. 


nah, sudah tahu kan apa artinya kernel dan tugasnya ?. oh iya, satu informasi lagi, bahwa kernel yang dijalankan di android adalah varian kernel dari Linux. Semoga ulasan tentang pengertian kernel di android menambah ilmu kita semua tentang seluk beluk android.

0 thoughts on “Apa arti Kernel di android system ?”

  1. Apa yang terjadi jika kita mengganti kernel yang bukan model nya misal hp saya s5 sedangkan s5 ada 42 model nah saya mau mengganti model itu ke model lainnya

    Reply

Leave a Comment