Apa Arti Debugging USB di Android

Apa Arti Debugging USB di Android. Ada opsi penting di sistem operasi android yaitu adanya pilihan untuk mengaktifkan atau meninaktifkan settingan debugging USB. Namun tahukah anda apa itu fungsi dari USB debugging di android ?. Dunia android akan mengulasnya secara sederhana untuk anda semua. disimak baik-baik ya..hehe.
debugging android artinya adalah?

Debugging USB adalah opsi yang secara default tidak diaktifkan di settingan android, kenapa ?, karena opsi ini selain menguntungkan juga ada resiko tersendiri bagi keamanan sistem android. Lho kok ada tidak amannya segala ?, tenang…simak dulu kelanjutannnya..hehe.

Debugging USB atau biasa orang indonesia bilang USB debug adalah settingan untuk tingkat Developer atau administrator. Jadi bila USB debugging ini diaktifkan maka segala apa yang tadinya dibatasi oleh android demi keamanan ponsel dibuka. Pada kasus tertentu, rooting android juga memerlukan asanya USB debugging untuk diaktifkan. Mode debugging ini dapat ditemui di setting – opsi pengembang.


Silahkan Lihat video singkat di bawah ini tentang cara mengaktifkan / menonaktifkan mode Debugging di android:


Lalu apa fungsi utama USB debugging ?, salahbsatunya adalah sebagai berikut :
  1. USB Debugging berfungsi agar user bisa melihat bagian dalam file system yang yang tadinya tidak bisa dilihat. File penting android tersebut bisa di read and write dengan opsi ini.

  2. Ketika akan menginstall contohnya file apk anda tidak akan diberitahu notifikasi atau peringatan yang muncul seperti biasanya.
  3. USB debugging dapat membaca log file dari system android.
  4. Dengan opsi debugging maka baca dan tulis dari PC atau komputer dapat dilakukan tanpa adanya notifikasi atau tanda peringatan.
Namun, penggunaan USB debugging harus bijak dikarenakan opsi ini mengandung resiko keamanan system. mengapa ?, dengan tidak adanya tanda peringatan maka segala sesuatu yang akan dimasukkan ke dalam sistem android bebas masuk tanpa filter sama sekali. jadi berhati-hatilah menggunakan modw USB debugging. jangan diaktifkan terus menerus agar keamanan sistem tetap terjaga.
Nah, sudah mengerti kan apa arti USb debugging di android ?. semoga ulasan diatas menambah wawasan kita tentang dunia android yang semakin hari semakin asik untuk dipelajari.

0 thoughts on “Apa Arti Debugging USB di Android”

  1. saya dengar sistem android sekarng sudah tidak memerlukan antivirus ,, berarti kalau debug ini di aktifkan kita harus menginstal antivirus juga kah demi keamanan hp ?

    Reply
  2. opsi debugging biasanya digunakan oleh pengembang aplikasi untuk melakukan uji coba aplikasi yg belum diluncurkan ke market, untuk pengguna umum memang lebih baik dinonaktifkan opsi debugging USB-nya

    Reply

Leave a Comment