Monday

Tips Mengakali baterai android yang Langka di pasaran

Sekarang saya mau share tentang cara mengakali baterai android langka dipasaran. Maksudnya bila suatu saat sobat sylit mencari tipe baterai handphone dengan tipe sama maka ini salah satu solusinya. bagaimana, adakah sobat yang merasa ingin mengganti baterai tapi sudah muter-muter kesana kemari tapi nggak ketemu juga?. yuk ikuti sekilas cara mengganti baterai yang langka dipasaran versi dunia android.


Di bawah ini yang saya praktekkan adalah mengganti baterai cross A7E dengan baterai galaxy young. dimana baterai cross A7E lebih besar dari galaxy young. disitulah keuntungannya, maksudnya adalah dengan baterai yang lebih kecil maka cara oprek-nya jadi lebih mudah dan baterai tentu mudah penempatannya.

Intinya bila ingin mengganti baterai yang dudukan konektornya tidak sama maka pilih ukuran bodi baterai yang lebih kecil. Dari aisi tegangan pasti sama dan ampere-nya sobat bisa lebih diatasnya atau setidaknya dibawahnya sedikit. Di bawah ini penampakan cara saya mengoprek baterai A7E dengan baterai galaxy young.

1. Lepas atau bongkar kepala atau bagian atas baterai lama ( dalam hal ini A7E), bisa dilakukan dengan mencongkelnya. tenang, tidak usah ragu congkel saja sampai terlepas dari bodi baterai. kita hanya membutuhkan konektornya di kepala baterai saja sedangkan body baterai lama sudah tidak terpakai.

kanibal baterai android

2. sediakan 3 kabel, sambungkan ketiga kabel tersebut ke konektor baterai lama tadi satu persatu ( bisa pakai solder ). ingat-ingat warna kabelnya mana sisi positif dan sisi negatif

mengakali keterbatasan stok baterai android

3. Kemudian, sambungkan juga ujung lain kabel ke konektor baterai baru sesuai kutubnya, jangan terbalik lho. kalau tidak punya solder silahkan diisolasi asal merekat kuat kabel di konektornya.


4. nah, sampai disitu sudah selesai tinggal pasang bersamaan konektor baterai lama tadi ke handphone disertai memasukkan baterai baru ke bodi handphone. bila ada gap/ jarak silahkan diganjal dengan kertas digulung atau apapun untuk menjaga baterai tidak bergerak. sobat bisa menempelkan baterai dengan double tape agar kuat dan tidak mudah bergeser. 

Dari cara diatas tentu membutuhkan sedikit keberanian untuk meng-oprek baterai. walau resikonya kecil namun bila kita ceroboh menempatkan kutub baterai bisa saja merusak handphone sobat. selamat mencoba.

1 komentar

thankz infonya sangat membantu... :)


Emoticon Emoticon