Makna processor quad core di smartphone

Dalam dunia smartphone juga mengenal apa itu processor. dimana tugas semuanya ditangani dan terpusat pada Processor layaknya computer-computer PC. maka dari itu processor dinamakan otaknya komputer. Nah, Sekarang dunia android akan mengulas makna processor quad core di smartphone android yang sekarang sudah banyak penggunanya. 
Smartphone baik itu android maupun dengan sistem operasi lainnya pasti menggunakan inti proses yaitu processor. kalau dahulu ada processor dengan single core, kemudian dual core dan sekarang quad core yang sedang hangat-hangatnya di pasaran. kemudian maksudnya quad core itu apa?

begini logika sederhananya, apabila kita umpamakan 1 smartphone menggunakan 1 core atau single core dia akan menjalankan tugasnya pada satu jalur dan pada dual core akan sama dengan 2 smartphone yang sedang melakukan tugasnya. kalau 4 berarti ya 4 smartphone yang sedang menjalankan aplikasi multitasking (bersamaan). 

Namun, tidak bisa sesimple itu kita membayangkan kecepatan dari processor dan kinerjanya, ada sebuah sistem yang dinamakan hyper threading. yaitu dimana proses data yang melewati processor didorong untuk bisa menggunakan banyaknya core yang tersedia di satu waktu. Bila processor quad core tidak memiliki fitur hyper threading maka proses data hanya bekerja di satu core sedang core kedua sampai ke empat akan menunggu proses selanjutnya.

Aplikasi yang berjalan juga menentukan apakah aplikasi itu bisa bekerja di multi core atau tidak. Contohnya aplikasi chrome, aplikasi itu bisa berjalan bersamaan walau berapapun jumlah core dari processor. Chrome akan semakin cepat kinerjanya bila menggunakan core yang lebih tinggi karena semua saluran core digunakan secara bersamaan. 

jadi selain jumlah core dari suatu processor, teknology hyperthreading serta dukungan aplikasi itu sendiri yang bisa memaksimalkan kinerja dari suatu processor. Bila dalam pembahasan diatas kita membahas processor quad core maka sebaiknya selidik dulu apakah processor quad core tersebut memiliki fitur hyper threading atau tidak untuk menjamin kelancaran dan kecepatan laju smartphone sobat. 

Leave a Comment