» , , , » Perbdaan Antara Koneksi Wifi dan data Selular

Perbdaan Antara Koneksi Wifi dan data Selular



Mungkin ada sebuah pertanyaan bagi sebagian pengguna smartphone android yang gemar melakukan surfing, download dan streaming di internet disuguhi dengan kata-kata notifikasi seperti 'Koneksi akan lebih stabil dengan koneksi wifi'. Kemudian timbul pertanyaan ada apa dan bedanya apa penggunaan antara Koneksi Wifi dan data selular ?. Yuk kita cari tahu....


Untuk surfing di internet pastiya kita memerlukan penghubung antara smartphone kita dengan yang kita tuju, maka diperlukan suatu jembatan penghubung, bisa melalui provider data seslular ataupun melalui penyedia wifi. Untuk koneksi data selular sendiri memang bermacam-macam tawaran yang disuguhkan kepada pengguna, mulai dari yang murah dengan kecepatan rendah sampai yang mahal dengan kecepatan yang menjanjikan. Untuk koneksi wifi sendiri juga sama seperti halnya koneksi data selular, tapi ada hal dasar yang membedakan tentang keduanya, yaitu tentang kestabilan transfer data-nya.

Wifi memang terkenal dengan kestabilannya dalam penggunaan tansfer data, mengapa?, karena pancaran sinyal wifi antara si penyedia dan pengguna letaknya dekat. Tentu saja semakin jauh jarak antara user dengan penyedia wifi maka akan semakin mengganggu jalannya proses koneksi. Kendala seperti tembok, hujan, cuaca, pohon , dll adalah sebagian kecil 'pengganggu' sinyal wifi. Namun, Pengguna akan tahu sebesar apakah kekuatan wifi tentu sudah ada di notifikasi atau tanda sinyal di gadgetnya. Semakin bagus sinyal wifi-nya maka semakin lancar pula transfer datanya.

Untuk koneksi melalui data selular terlalu banyak kendala yang akan dihadapi para penggunanya, selain jauhnya jarak BTS ,user juga dihadapkan pada ketidaktahuan kekuatan transfer datanya karena tidak ada tanda penunjuk di gadgetnya. Naik turunnya kekuatan transfer yang tidak stabil memang sangat membuat tidak nyaman bagi penggunanya. Pada pemetaan data selular bisa digambarkan semakin sedikit pengguna di suatu area BTS maka semakin cepat transfer rate datanya, begitu juga sebaliknya.

Jadi, mengapa wifi selalu menjadi rekomendasi untuk pengguna yang ingin lancar dari segi koneksi data, maka jawaban simplenya adalah Kedekatan sinyal penyedia, Pengguna Area Wifi yang minim, dan juga transfer rate (kecepatan transfer ) router wifi sekarang ini sudahbisa dikatakan 'mumpuni'. Apalagi kita menggunakan koneksi Broadband sendiri kemudian kita pancarkan melalui wifi dan hanya digunakan secara Personal, pasti tiada banding kestabilan datanya daripada provider selular.
loading...

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...