» , , » Fungsi Task Manager android yang terlupakan

Fungsi Task Manager android yang terlupakan



Tentu para pengguna HP dengan system Operasi android sudah familiar dengan yang namanya Task Manager bukan ? walau tidak semua tahu apa fungsi dan maksud adanya aplikasi Task manager itu sendiri di gadget-nya. Bnyak pengguna yang menyepelekan fungsi mengapa task manager itu di hadirkan , dalam bahasa mudahnya ‘Fungsi Task Manager android yang terlupakan’.


Di era komputasi tentu task manager sudah menjadi senjata hebat di dalam dunia computer, memang untuk mengetahui apa saja proses yang berjalan di suatu system operasi bias dilihat melalui Task manager. Layaknya ruang monitoring, task manager itu sendiri mempunyai fitur dasar yang hebat. Hampir seluruh proses yang tidak kita butuhkan dapat kita ‘akhiri’ prosesnya, kecuali proses yang ‘super’ penting buat perjalanan system operasi maka tidak akan mudah di akhiri atau dimatikan dengan task manager.

Di HP android memang unik, tidak seperti di system operasi sebelumnya yang pada setiap aplikasi dan gadget-nya ada tombol fungsi ‘quit atau exit’. Yang ada dan sudah umum untuk mengakhiri suatu aplikasi yang sedang berjalan hanya disediakan tombol Back atau Home saja. Di android versi 4 keatas untuk mengakses fungsi task manager memang mudah, dengan hanya menekan tombol Home beberapa saat maka muncullah Task manager-nya.


Dan saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi pihak ketiga yang memperkenalkan aplikasi layaknya task manager, tentu dengan segala suguhan dan fitur andalan masing-masing. Dan yang utama dari adanya Task manager itu sendiri adalah :
  1. Untuk mematikan proses yang tidak kita perlukan, Kita bias mematikan aplikasi yang berjalan ataupun aplikasi yang macet dengan memanfaatkan fitur ‘Kill’ Di Task Manager.
  2. Untuk membersihkan RAM (Random Access Memory ) , Bagi HP yang mempunyai RAM kecil dan telah membuka beberapa aplikasi tentu sangat terasa HP-nya semakin lemot, disitulah fungsi Task manager untuk mengatasi masalah RAM yang ‘hampir’ habis terpakai. Tinggai klik tombol ‘Clean Ram’ maka Hp akan terasa ringan kembali.
  3. Untuk membantu kinerja Processor ( otaknya Android ) agar tidak bekerja berlebihan karena ada aplikasi yang tidak diperlukan terbuka.
  4. Untuk menghemat Arus Baterai HP. Mengapa menghemat ?, bayangkan, kalau ada aplikasi yang berjalan di belakang layer dan kita sebenarnya tidak menginginkan aplikasi tersebut berjalan maka sudah barang tentu segala proses yang berjalan akan menyedot arus Baterai HP kita.
Namaun yang perlu diingat, jangan lupa apabila ada pekerjaan yang kita kerjakan di HP kita dan belum kita simpan maka Akan hilang bila kita melakukan aksi ‘Kill’ di Task manager. Semoga ulasan tentang fungsi Task manager yang terlupakan diatas dapat member sedikit pencerahan bagi para Androider.

loading...

3 komentar:

  1. Mungkin lebih berguna bagi pengguna hp andro, saya sendiri nokia user, ijin menyimak saja mas :)

    ReplyDelete
  2. Gan klo misalkan sya pkek aplikasi ini kira2 gak bkin hp sya jdi rusak atau tambah lemot gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mas, silahkan pakai task manager untuk lebih memfungsikan ponsel agan.. :)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...